Tips Cara Merawat Printer Agar Awet

Cara Merawat Printer - Printer merupakan perangkat keras yang biasa digunakan untuk mencetak halaman atau semacamnya secara mudah. Namun, perlu anda ketahui bahwa printer juga merupakan alat percetakan yang mudah sekali rusak bila jarang dipakai. Apalagi bila tidak dirawat sama sekali. Untuk itu perlu setidaknya seminggu sekali perawatan agar printer tetap awet dan berjalan lancar saat digunakan.

Nah, bicara mengenai perawatan saya pada kesempatan kali ini akan share untuk anda cara merawat printer agar tetap awet dan tahan lama. Cara yang akan saya share tentang cara merawat printer ini cukup simple dan mudah. Yang pasti anda bisa melakukannya pada printer anda dirumah. Tak usah berlama-lama yuk silakan simak cara merawat printer yang aman dan mudah berikut ini :

Tips Cara Merawat Printer

Perhatikan Dalam Pengisian Tinta - Segera refill atau isi tinta printer bila habis, karena tips ini juga akan membuat head catridge printer yang Anda gunakan menjadi awet dan tahan lama. 
Gunakan Printer Secara Teratur - Printer yang terlalu lama tidak digunakan maka akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.
Tips Cara Merawat Printer
Tips Cara Merawat Printer
Matikan Printer Dengan Benar - Dengan menekan tombol power pada saat mematikannya, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum kembali (parkir) di tempatnya. Hal ini akan menjadikan head catridge selalu bersih serta terjaga dari kebuntuan. Hilangkan kebiasaan mematikan printer dengan cara langsung mencabut kabel power. 
Jangan Menggunakan Kertas Yang Kotor - Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kerta akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.
Jaga Kebersihan Printer - Setelah selesai digunakan jangan biarkan printer terbuka begitu saja, selalu tutup printer dengan pelindung (cover) plastik agar kotoran serta debu tidak menempel ke printer.
Source : http://ebookteknisikomputerpdf.blogspot.com/
Itulah beberapa tips cara merawat printer agar tetap awet dan tahan lama. Dengan melakukan tips tips diatas saya rasa printer anda akan awet dan tidak mudah rusak. Sehingga anda sudah menghindari pengeluaran uang sia-sia untuk membetulkan printer. Sekian share dari saya mengenai cara merawat printer agar tetap awet. Semoga posting kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang perawatan printer.