Cara Belajar Efektif Yang Baik dan Benar

Cara Belajar Efektif - Nah, mungkin setiap orang pasti tidak jauh dengan aktifitas belajar. Apalagi bagi seseorang yang masih duduk dibangku sekolah. Pasti kebutuhan akan belajar amat sangat penting. Dengan belajar kita menjadi lebih tahu sesuatu hal yang sebelumnya belum kita mengerti. Begitu besarnya manfaat belajar bagi kita.

Jadi belajar itu sangat perlu bagi setiap orang bahkan yang sudah tidak dibangku sekolah sekalipun. Untuk itu bila anda mengalami masalah dalam belajar, silakan simak postingan saya kali ini. Sebab, pada kesempatan ini saya akan berbagi untuk anda mengenai cara belajar efektif yang mudah dan dapat anda
praktikan sendiri saat belajar.

Tujuan dari cara ini yaitu agar pelajaran yang anda pelajari nanti benar-benar masuk dalam otak. Jadi, anda benar-benar menadapatkan ilmu dari hasil belajar yang memakan cukup banyak waktu tersebut. Sudah penasara? Yuk silakan simak cara belajar efektif yang mudah dan efisien berikut ini :

Cara Belajar Efektif 

1. Belajarlah di manapun anda suka - Carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi.
2. Jangan belajar terlalu banyak ketika akan ujian - Inilah sebuah doktrin yang saya rasa sangat keliru, "kamu harus belajar sungguh-sungguh, besok ada ujian"..kira-kira teman-teman sudah mendengar ocehan yang seperti itu? Ini adalah kesalahan, sebenarnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merehat otak sekejap, justru pas hari-hari biasalah kita harus sungguh-sungguh. Sistem KS (kebut semalam) sangat merusak cara berpikir kita, karena hanya akan menimbulkan tekanan bukan pengetahuan.
3. Belajar tanpa Mood - Belajarlah karena kesungguhan kita untuk berubah, jangan belajar hanya dengan berlandaskan mood saja.
4. Belajar sambil diskusi - Belajar secara kelompok memang dimaksudkan agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham. Sehingga pertukaran ide terus berjalan, yang pintar tidak semakin pintar, begitu pula yang bodoh tidak semakin terperosok. Semua bisa menjadi seimbang.
Cara Belajar Efektif
Cara Belajar Efektif
5. Jangan malu-malu untuk bertanya - Bila kita ada yang belum paham mengenai materi yang diajarkan, cukup dengan acungkan jari dan bertanyalah kepada bapak/ibu guru, jangan malu bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang lambat oleh teman2" sebagai alasan, karena hal yang seperti itu tidak masuk akal!
6. Belajar dengan diiringi musik - Musik memang bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam belajar, namun hal ini tidak selalu terjadi pada setiap orang. Ada beberapa orang yang malah suka keadaan yang hening. Jadi, jika musik bisa membantumu berkonsentrasi.
7. Cintailah mata pelajaran yang anda suka - Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang fisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang tidak bisa, namun karena kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah tiba.
8. Jangan hanya menghafal - Metode menghafal mungkin bisa menyukseskan kita dalam mencari "nilai-yang-baik", namun apakah pengetahuan kita bertambah? tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu betapa indahnya Ilmu Pengetahuan itu. Dalam film 3 idiots, ada sebuah quotes yang sangat mengena: "Dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan"
9. Coba dan Gagal - Dalam hidup ini, gagal adalah teman kita juga, jadi jangan pernah menghindar darinya. Kita terjatuh, untuk apa? agar kita tahu bagaimana cara untuk bangun. Kita tidak akan pernah tahu yang benar itu bagaimana jika kita tidak kenal dengan KESALAHAN dulu. Materi yang sesulit apapun, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah memahaminya. Coba terus, gagal sudah biasa.
Source : http://www.pemimpinremaja.com/
Itulah cara belajar efektif yang dapat anda coba agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Dengan melakukan beberapa langkah diatas saya rasa belajar anda akan lebih baik dari sebelumnya. Satu hal lagi yaitu jangan lupa untuk selalu berdo'a sebelum belajar maupun sesudah. Agar apa yang anda pelajari benar-benar masuk dalam otak dan mudah diingat. Nah, cukup sekian dulu share dari saya tentang cara belajar efektif yang baik dan benar tentunya sangat bagus untuk anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.